Dalam suatu proses pembelajaran, tentu kita akan dihadapkan pada ujian. Ujian dimaksudkan untuk mengukur sejauh apa pemahaman kita atas materi-materi yang telah dipelajari. Berikut beberapa tips yang bisa kita praktikkan dalam menghadapi ujian:

Usaha
Coba renungkan kembali perjuangan yang telah kita lalui sebelum diterima sebagai mahasiswa di suatu kampus. Coba hitung berapa juta rupiah uang yang telah dikeluarkan oleh orang tua kita agar kita dapat resmi menjadi mahasiswa. Buat bayar bimbel lah, buat daftar tes lah, buat transportasi dan akomodasi dan lain sebagainya. Coba hitung berapa ribu soal bahas yang telah kita libas. Coba hitung berapa ratus hari yang kita habiskan untuk mempersiapkan itu semua.

Untuk dapat diterima di suatu kampus saja kita harus melakukan usaha yang sebegitu besarnya. Maka setelah diterima sebagai mahasiswa, tentu kitapun harus melakukan hal serupa. Berusahalah, belajarlah dengan sungguh sungguh dan niat yang penuh.

Tapi gimana caranya belajar yang efektif?

Seorang ahli strategi dari cina berkata :

“Kenali dirimu, kenali lawanmu, kenali medan pertempuranmu, maka kemenangan akan menghampirimu”.

Strategi perang Sun Zhu ini dapat kita praktikkan dalam menghadapi ujian kuliah.

  1. Kenali dirimu

Berusahalah untuk menemukan seni belajar yang paling cocok dengan dirimu. Ada yang lebih efektif belajar dengan membuat mindmap dari materi-materi yang akan diujikan. Ada yang harus komat kamit mengucapkan materi yang telah dipelajari. Ada yang akan semakin mengerti kalau mengajarkan materi kepada teman. Setiap orang punya seni belajarnya sendiri dan gunakanlah seni belajar yang paling cocok dengan dirimu.

  1. Kenali lawanmu

Lawan di sini adalah materi/pelajaran yang akan diujikan. Kenalilah karakterisktik pelajaran yang akan diujikan. Tentu akan berbeda cara menghadapi pelajaran yang sifatnya teori dengan pelajaran yang sifatnya hitungan. Selain itu, kita dapat mengenali materi dengan memperhatikan tujuan utama dari masing-masing bab pembelajaran. Biasanya, soal-soal yang diujikan mengarah untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

  1. Kenali medan pertempuranmu

Ada dua hal utama yang bisa kita konotasikan sebagai medan pertempuran dalam ujian. Yaitu jadwal ujian dan dosen penilai. Ujian kuliah biasanya dilakukan dalam suatu rentang waktu tertentu. Penting bagi kita untuk memperhatikan jadwal dan letak dari masing –masing mata ujian. Karena tentunya yang kita inginkan adalah kesuksesan pada seluruh pelajaran. Maka kita harus menetukan mana pelajaran yang harus diprioritaskan dan mana pelajaran yang membutuhkan banyak latihan.

Berikutnya sistem penilaian dari dosen. Kita juga harus memahami apa saja yang menjadi indikator penilaian dari setiap dosen. Ada dosen yang suka dengan jawaban to the point , ada dosen yang tidak masalah dengan tulisan yang tidak bagus namun rapi, ada dosen yang lebih suka kalau diberi penekanan pada poin-poin jawaban menggunakan stabilo atau pulpen dengan warna tinta yang berbeda, dan ada pula dosen yang lebih menghargai tahapan atau alur berpikir dibanding hasil akhir. Tentu masing-masing dosen punya selera dan kita harus coba memahaminya.

Tapi saya bingung harus mulai dari mana?

Kalau begitu segeralah beranjak dari kasurmu, keluarlah dari kamar kosanmu, berkumpullah bersama teman-temanmu. Keluarlah dari zona nyamanmu dan paksakanlah diri untuk belajar sebelum penyesalan menghampiri. Belajar bareng teman merupakan satu cara yang ampuh untuk kita yang bingung harus memulai dari mana. Karena apabila kita terus tenggelam dalam pertanyaan itu, maka waktu kita akan berlalu tanpa terasa hingga saat ujian tiba. Semoga dengan belajar bersama dapat menigkatkan motivasi kita dan melejitkan pemahaman kita. Barang siapa bergaul dengan penjual minyak wangi maka ia akan kecipratan wanginya. InsyaAllah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s